Senin, 30 Januari 2012 Pusat Laboratorium Terpadu UIN Jakarta bekerjasama dengan PT.Fajarmas Murni sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Optical & Peralatan Laboratorium untuk mengadakan Training in House selama 1 (satu) hari Alat Mikroskop Olympus BX51. Mikroskop Olympus BX51 merupakan salah satu instrument yang baru dimiliki Pusat Laboratorium Terpadu UIN Jakarta selain TGA (thermo graphic analyzer) untuk Tahun Anggaran 2012.Dengan Adanya Instrument tersebut diharapkan dapat menunjang kegiatan praktikum dan penelitian.


Mikroskop Olympus BX51 adalah desain modern dari mikroskop epi-flourescent dengan iluminator vertikal. Iluminator rumah xenon atau merkuri lampu busur dan menara batu filter. Sumber cahaya bergerak melalui lampu rumah melalui dua diafragma dan ke dalam kubus memegang filter eksitasi dan emisi, serta cermin dichroic.
Kelebihan Instrumen Mikroskop Olympus BX51 adalah sebagai berikut: Didukung oleh sistem optik baru UIS2 BX51 adalah pilihan ideal untuk berbagai metode observasi dan terutama untuk mikroskopi fluoresensi atau DIC. Berdasarkan sekitar kerangka berbentuk Y yang telah teruji berbagai diperpanjang kamera digital kinerja tinggi, aksesoris dan tujuan dapat digunakan. Hal ini memastikan konfigurasi yang fleksibel dan modular bahkan untuk khusus high-end aplikasi penelitian.

(Sumber: http://www.microscopy.olympus.eu/microscopes/Research_microscope_BX51.htm)