Sebanyak 33 orang mengikuti tes penulisan makalah Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2020 untuk sejumlah jabatan pada tingkatan eselon 2. Seleksi ini adalah tahapan kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan computer assessment test (CAT). “Pertama tes CAT BKN, kedua ini (penulisan makalah, red), ketiga asesmen dan keempat wawancara.” Jelas Abdul Halim, Kepala Subbagian Kepegawaian.

Rangkaian kegiatan ini tetap dilaksanakan di tengah pandemic Covid-19, dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Terpantau, para peserta mengantri berjarak pada area registrasi. Kursi-kursi tunggu juga diberikan jarak 2 meter. Pengecekan suhu turut pula dilakukan sebelum peserta memasuki gedung Pusat Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, melalui surat nomor B-1330/B.1/KP.00.3/06/2020 tanggal 17 Juni 2020 yang ditandatangani oleh Kabiro atas nama Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ditugasi menjadi Panitia Lokasi Provinsi DKI Jakarta. Rektor kemudian menunjuk Pusat Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai fasilitator kegiatan tersebut.

Selain di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, seleksi juga dilakukan di 6 PTKIN lainnya dan 1 PTHN, serta 17 Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, dengan total peserta yang mengikuti seleksi JPT adalah 129 orang.