Posted on 11/07/2011 by Abdul Halim

Jakarta – Pusat Laboratorium Terpadu sukses menyelenggarakan pelatihan kilat Statistik akhir pekan kemarin, Sabtu, 9 Juli 2011.  Pelatihan yang baru pertama kali diselenggarakan ini merekrut peserta dari berbagai kalangan, diantaranya dari kalangan akademisi, guru dan mahasiswa.

Pelatihan yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 s.d. 16.30 itu, dibimbing oleh tutor berpengalaman, yang sering mengisi pelatihan serupa di pelbagai universitas di Indonesia, diantaranya Universitas Indonesia dan UIN Jakarta. Pada pelatihan ini, Denis Sugianto, S.Si selaku tutor, membahas tentang hal-hal berikut ini, yaitu 1). Pengenalan Statistik Dasar, 2). Pengenalan SPSS 16, 3). Uji T, 4). Anova, 4). Korelasi, 5). Regresi, 6). Uji Validitas dan Relibilitas SPSS 16, 7). Multivariat Analisis, 8). Path Analisis

Menurut, Abdul Halim selaku panitia pelaksana, mengatakan bahwa pelatihan statistik sangat penting, sebab statistik sangat erat dengan budaya penelitian. “Seorang peneliti dikatakan profesional,yaitu apabila ia mampu menguasai statistik dengan baik”, Ujarnya. Oleh sebab itu, lanjutnya, mahasiswa yang belum mengikuti pelatihan ini, maka dianjurkan untuk segera mendaftar sedini mungkin.

Pelatihan serupa akan diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu di akhir bulan. Pelatihan ini dibuka tidak hanya terbatas mahasiswa UIN, tapi terbuka untuk umum. Bagi yang ingin mendaftar silakan mengunjungi Pusat Laboratorium Terpadu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, atau menghubungi panitia, yaitu Abdul Halim (021 920 36516 atau 081 283797006). Dul (11/7)