Postedby Myusuf| Sumber: Puji/Ida

Salah satu bentuk partisipasi PLT UIN Jakarta diwakili Kabid.Biologi dalam pengembangan SDM Laboran  Biologi adalah dengan memfasilitasi Laboran Biologi dalam rangka mengikuti Seminar Nasional Keanekaan Hayati dan Layanan Ekosistem Hari Selasa, 20 September 2011 di Aula Rumah Sakit Pendidikan UNPAD – RSHS. Jalan Eyckman No.38, Bandung.

Pada Seminar Nasional Keanekaan Hayati dan Layanan Ekosistem. Faridah Ahmad, dan Puji Astuti mewakili Kabid Biologi sebagai peserta seminar mempresentasikan makalahnya berjudul ” Isolasi Bakteri dari Tanah Bekas galian Batubara dan Seleksi sebagai Pelaku Desulfurisasi Di Benzothiophene (DBT)”.  berikut Abstrak dari makalah tersebut:

Isolasi Bakteri dari Tanah Bekas galian Batubara dan Seleksi sebagai Pelaku Desulfurisasi Dibenzothiophene (DBT)”

Oleh: Megga Ratnasari Pikoli, Faridah Ahmad, Puji Astuti, Nur Amaliah Solihat, Nasti Susanti dan Irawan Sugoro

1. Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2. P3TIR Batan, Pasar Jumat, Jakarta

ABSTRAK

Dibenzothiophene (DBT) merupakan sulfur organik yang dapat mewakili sulfur heterosiklik pada bahan bakar fosil. Pembakaran secara langsung bahan bakar fosil, seperti batubara dan minyak bumi, mengeluarkan sulfur yang mencemari udara. Penelitian ini mengisolasi bakteri total dengan menggunakan medium umum bakteri, Trypticase Soy Agar (TSA), kemudian mencoba kemampuannya dengan menumbuhkan pada medium basal yang mengandung DBT. Isolasi bakteri didahului dengan Inkubasi tanah dengan penambahan DBT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 isolat bakteri yang diperoleh, 5 isolat diantaranya memiliki kemampuan dalam mendesulfurisasi DBT.

Kata Kunci: Bakteri, batubara, desulfurisasi, dibenzothiophene