DSC_3833

Pusat Laboratorium Terpadu Fakulutas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang diwakili oleh Puji Astuti dan Nur Amaliah Solihat mengikuti pelatihan Identifikasi Molekuler dan Analisis Filogenetik (Mencakup barcoding dan rekonstruksi pohon multigen) pada hari Senin s.d Jumat 26-30 Januari 2015 di Gedung Kusnoto Lantai 4, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jl. Raya H. Juanda No. 18, Bogor 16002 yang diselenggarakan oleh Mikoina (Perhimpunan Mikologi Indonesia).

DSC_3661

Materi pelatihan meliputi teori dan praktek: – Editing, trimming, assembling of DNA sequence – BLAST search and multiple sequence alignment – Building tree: Maximum Parsimony method, Neighbor Joining method, Maximum Likelihood method, dan Bayesian Inference method – Multigene phylogenetic tree – Interpreting phylogenetic tree – Introduction to DNA barcoding – Primer design – Submission of DNA sequence to GenBank Peserta pelatihan dari berbagai profesi dosen, mahasiswa S2/S3, peneliti, dan PLP dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Andalas, Universitas Cenderawasih, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, dan Pusat Penelitian Biologi LIPI.

DSC_3806

 Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan praktek keterampilan kepada peserta untuk menganalisis sekuens DNA dan mengaplikasikan program yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat suatu pohon filogenetik. Diharapkan selepas pelatihan ini, peserta dapat membuat barcoding DNA dan dapat mensubmit DNA sequence ke GenBank.