Pusat Laboratorium Terpadu FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah berdiri sejak tahun 2002. Sudah saatnya perlu dilakukan pembenahan dalam sistem manajemen laboratorium. Penerapan ISO/IEC 17025 merupakan tuntutan utama untuk meningkatkan kompetensi laboratorium Uji atau kalibrasi. Hal ini terkait dengan peranan laboratorium sangat menentukan dalam proses pengendalian mutu dan penjaminan mutu dari kegiatan yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa. Dukungan terhadap penelitian yang dilakukan mahasiswa dan dosen di lingkungan UIN Jakarta agar mampu menghasilkan publikasi International, dapat dilakukan dengan peningkatan kompetensi labotrotorium. Keseragaman  data hasil analisis antar laboratorium dibutuhkan suatu standar yang bersifat internasional yang mencakup sistem mutu dan teknis yang baik, salah satunya adalah menerapkan standar ISO/IEC 17025– General requirements for the competence of testing and calibration laboratories.

Menjadi laboratorium yang terakreditasi akan memperoleh beberapa keuntungan, diantaranya mendapatkan pengakuan tentang kompetensi laboratorium, meningkatkan kepercayaan diri yang sangat membantu bidang pemasaran supaya memiliki peran yang lebih luas dalam penjaminan mutu produk oleh pihak luar, dan tercapainya kesetaraan kemampuan laboratorium dibandingkan dengan laboratorium lain yang berstatus akrediatasi. Selain itu juga dapat mendapatkan manfaat yang bersifat tidak langsung yang mampu memperkokoh intitusi universitas.

Persiapan yang harus dilakukan untuk memulai implementasi sistem ISO 17025 salah satunya adalah kompetensi tim yang memenuhi syarat. Personil dalam laboratorium harus memiliki kompetensi baik manajerial maupun teknis. Pemahaman akan standar ISO/IEC 17025 bisa diperoleh dari berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti training.

Pada tahun 2017 ISO/IEC 17025:2008 telah berubah menjadi ISO/IEC 17025:2017. Hal ini tentunya banyak pengetahuan baru yang wajib diketahui oleh personil laboratorium. Apalagi oleh tim akreditasi laboratorium pengujian Pusat Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Implemetasi ISO/IEC 17025:2017 di Pusat Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, akan terbagi menjadi 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu :

  1. Tahap pelatihan/training
  2. Tahap penyusunan dokumen
  3. Tahap Asessment oleh KAN

Alhamdulillah, tahap pertama telah selesai dilaksanakan secara maraton oleh tim akreditasi selama kurang lebih 8 hari. Training tersebut meliputi :

  1. Awareness Sistem Manajemen Laboratorium sesuai ISO/IEC 17025:2017
  2. Risk Manajemen dan Audit Internal sesuai ISO/IEC 17025:2017
  3. Persyaratan Teknis Sistem Manajemen Laboratorium sesuai ISO/IEC 17025:2017 ( Sumber : Nunung Isnaini )