Monthly Archives: August 2013

Rektor, Membuka Pelaksanaan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik)

ABB_0279Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat menegaskan, kampus perguruan tinggi bukan ranah sivitas politika melainkan sivitas akademika. Sebagai ranah sivitas akademika, kampus adalah learning society dan tempat bagi pengembangan ilmu pengetahuan (knowledge).

“Anda boleh belajar tentang teori-teori ilmu politik, tetapi jika Anda ingin berpolitik praktis, silakan bermain di lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau partai politik, bukan di kampus,” ujar Rektor saat membuka kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) bagi mahasiswa baru UIN Jakarta tahun akademik 2013/2014 di Lapangan Kampus, Kamis (29/8).

opak 2013Sebagai perguruan tinggi, kata Rektor, kampus merupakan tempat bagi siapa saja untuk belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan, termasuk para dosen. Hal itu sesuai dengan moto kampus pertama, yaitu knowledge. Moto kedua adalah Piety, yaitu berupa pembentukan kesalehan dan hidup dengan hati yang bening serta khyusuk atau penuh bersyukur. Lalu moto ketiga Integrity, yaitu diharapkan sivitas akademika UIN Jakarta memiliki sebuah pribadi otentik yang siap memimpin diri sendiri serta orang lain.

“Jadi, moto Knowledge, Piety, dan Integrity merupakan panduan dan orientasi kegiatan semua warga sivitas akademika di kampus UIN Jakarta,” tandasnya.

Pembukaan OPAK ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Rektor yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim. Turut hadir sejumlah dekan, kepala biro, serta para pejabat UIN Jakarta lain.

OPAK yang akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2013 tersebut diikuti sekitar 4.500 mahasiswa baru. Mereka merupakan hasil seleksi dari berbagai jalur masuk UIN Jakarta. (ns-berita online uin)

FST sudah menjadi Member Edunet Phoenix German

IMG_1188Alhamdulillah UIN Jakarta (diwakili FST UIN) sudah terdaftar menjadi member of Edunet Phoenix Contact. Please see:

http://www.phoenixcontact.net/edunet/universities/5.htm

Kini FST UIN dapat bergabung bersama 50 Universitas dunia lainnya untuk mengembangkan dan mengaplikasikan PLC (Programmable Logic Control) Facilities.

Bagi bapak ibu yang berminat bergabung silahkan berkunjung ke Pusat Laboratorium Terpadu untuk penguatan penggunaan peralatan PLC dan aktif dalam kegiatan Edunet Member tersebut.

Deakin University Australia menawarkan kerjasama

kerjasamaFakultas Sains dan Teknologi kemarin ( Rabu, 28/8/2013) kedatangan tamu dari Deakin University Australia salh satunya adalah Dr. Robins. kunjungan mereka ke FST adalah menawarkan kerjasama untuk penelitian, summer school, short course, dan beasiswa. untuk beasiswa bisa dilihat disini: http://www.deakin.edu.au/study-at-deakin/scholarships-and-awards

(Sumber Foto: Adecandra)

Kuliah Umum bersama DR. Ishaq Zaafar (Ummul Quro University, Saudi Arabia)

DSC_1045Acara: Kuliah Umum :
Theme: “Nuclear waste management and Zamzam water management”
Speakers : DR. Ishaq Zaafar (Ummul Quro University, Saudi Arabia)
Time : 09.00-11.30 WIB
Language (English and Arabic)

DSC_1038

Halal Bi Halal Bersama Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bertemu dan bersilaturahmi dengan warga sivitas akademika UIN Jakarta, Selasa (20/8). Selain bersilaturahmi, gubernur yang akrab disapa Jokowi, itu memberikan ceramah pada acara Halal bi Halal Idul Fitri 1434 H di gedung Auditorium Prof Dr Harun Nasution.

Dalam acara itu, JokoIMG_1523wi didaulat membawakan ceramah bertema ‘Jakarta Inspirasi Indonesia‘. serta mengupas tentang beberapa masalah problem jakarta yang sedang diselesaikan. Turut hadir Rektor UIN Komaruddin Hidayat beserta para dekan. (sumber fotodetik.com dan yusuf-plt)

Training Operasional & Troubleshooting AAS Analyst 700 & LAMDA 25

IMG_1509Pusat Laboratorium Terpadu mengadakan Training Operasional & Troubleshooting AAS Analyst 700 & LAMDA 25 Selama 2(dua) hari Selasa s.d Rabu 20-21 Agustus 2013 kepada para laboran di Laboratorium Lingkungan Pusat Laboratorium Terpadu dengan didampingi oleh Trainer Rahmat Faizal Rheza dari PT. PERKINDO MITRA ANALITIKA. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan bagaimana SOP penggunaan alat dan trouble shooting alat AAS dan LAMDA 25.

Pimpinan dan Staf PLT mengucapkan:

http://pltuinjakarta.files.wordpress.com/2013/08/plt.jpg