Monthly Archives: October 2012

UIN Jakarta memotong sedikitnya 24 hewan kurban pada Idul Adha 1433 H.

UIN Jakarta memotong sedikitnya 24 hewan kurban pada Idul Adha 1433 H. Hewan tersebut terdiri atas 12 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Hewan kurban yang dipotong merupakan pemberian dari sejumlah unit kerja, termasuk sejumlah rekanan dan perseorangan. Antara lain BNI, Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri, Bank BRI, Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, dan PT Pembangunan Perumahan. Sementara itu, Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat juga memberikan sumbangan kurban berupa seekor sapi.

Pemotongan hewan dilakukan di kampus UIN Jakarta, Senin (29/10), atau pada hari keempat setelah shalat Idul Adha. Turut menyaksikan Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat, para pembantu rektor, kepala biro, serta sejumlah dekan fakultas.

Rektor dalam sambutannya menyatakan, berkurban hakikatnya simbol pengorbanan dan tradisi Nabi Ibrahim as serta anaknya, Nabi Ismail as. Dalam konteks kekinian, berkurban (pemotongan hewan) merupakan simbol disembelihnya sifat-sifat buruk yang melekat pada binatang. “Hewan itu punya kebiasaan buruk, yakni cuma makan dan makan seperti orang malas. Karena itu sifat-sifat buruk tersebut pada manusia harus disembelih agar tidak memiliki sifat seperti hewan yang malas,” ujarnya.

Ketua Panitia Kurban Idul Adha 1433 H Dr Yayasan Sofyan menyatakan, daging kurban yang disembelih di kampus UIN Jakarta akan dibagikan kepada sedikitnya 1.200 mustahik. Selain warga di sekitar kampus, daging kurban seberat 1 kilogram per kantongnya itu dibagikan kepada para karyawan serta dosen UIN Jakarta.

Alhamdulillah, pemotongan hewan kurban tahun ini ada peningkatan. Tahun lalu jumlah hewan yang dipotong sebanyak 9 ekor sapi dan 7 ekor kambing,” katanya. (ns)

Simposium Nasional Kimia Bahan Alam XX

200 dosen dan peneliti kimia bahan alam dari dalam dan luar negeri mengikuti Simposium Nasional Kimia Bahan Alam XX (Simnas KBA-2012) di Fakultas UIN Jakarta selama dua hari, Selasa-Rabu , September (9-10/10). Selain dari UIN Jakarta, mereka berasal dari ITB, UI, IPB, Univeriatas Andalas (Unand), UGM, Universitas Cenderawasih (Uncen), Universitas Ahmad Jani (Unjani) Bandung, Unpad, Unair, UniversitasYarsi, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Yamagata University Jepang, dan lain-lainnya. Ketua Panitia Simnas KBA-2012 Dede Iskandar menjelaskan, seminar ini diselenggarakan untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi antarpeneliti, baik dari perguruan tinggi maupun dari lembaga riset. “Ini untuk menampung hasil penelitian dosen dan peneliti yang terkait dengan bahan alam untuk bisa dimanfaatkan jadi obat, minyak wangi, dan sebagainya,”ujarnya. Ia mengungkapkan, hasil penelitian yang terbaik pada simposium kali ini akan diterbitkan di jurnal Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia (KKBAI) yang sudah terakrediditasi dan jurnal lainnya. “Enam makalah terbaik akan dipublikasikan di jurnal HKBAI,”katanya. Menurutnya, penelitian tentang bahan alam sangat penting karena Indonesia merupakan negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati dan tanaman-tanamannya sangat potensial untuk obat,”imbuhnya. Sementara Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr Moh Matsna HS MA menyatakan, simposium ini harus dimanfaatkan untuk kerjasama antarpeneliti, sehingga dapat melahirkan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Melalui simposium ini dapat diharapkan adanya tukar informasi tentang kemajuan tanaman obat di Indonesia. Juga diharapkan kolaborasi antara dosen UIN Jakarta terlibat aktif dalam penelitian tanaman obat,”tegas dia. SimNas KBA-2012 ini terselengggara atas kerjasama Program Studi Farmasi Fakulktas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan HKBAI. (d a/Saifudin Berita UIN))