Monthly Archives: August 2012

Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) FST

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013  selama tiga hari, dari hari Kamis-Sabtu (31 Agustus -1 September 2011).  Acara orientasi ini diikuti oleh  mahasiswa baru dan seluruh Civitas Akademika Fakulas Sains dan Teknologi (SAINTEK).  Sedangkan panitia pelaksana merupakan tim gabungan dari pihak fakultas dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi dari berbagai program studi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi.

Selama dua hari mahasiswa baru dibekali dengan berbagai materi yang terkait dengan akademik dan kebangsaan. Substansi materi yang disampaikan meliputi penguatan sistem  akademik dan kefakultasan, penguatan budaya akademik, kebijakan akademik, administrasi umum dan keuangan, kode etik mahasiswa, perpustakaan, dan laboratorium.

Setelah dua hari mengikuti masa Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan, mahasiswa baru akan mengikuti perkuliahan pada hari Senin (3/9/2012). Semoga sukses dan sehat selalu. (ysf dan Abub)

Rektor: Kesalehan Sosial Harus Meningkat Pasca Ramadhan

Dalam pengantarnya pada acara Halal Bi Halal Civitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 27/08/2012 Prof. Dr. Komaruddin Hidayat menyampaikan Pasca Ramadhan kinerja seseorang harus lebih baik, karena secara spiritual ia telah ditempa oleh Allah dengan berbagai ibadah selama sebulan. Dengan spritualitas yang baik, maka seseorang kesalehan sosial yang baik pula.

Dalam Islam, katanya, bulan setelah Ramadhan disebut dengan Syawwal. Syawwal itu artinya meningkat. “Jadi dengan Ramadhan harus ada peningkatan kesalehan individu dan sosial kita,”tegasnya.

Menurutnya, kesalehan sosial itu sangat penting untuk dapat membantu orang lain. Oleh karena itu pula, kesalehan sosial itu harus diwujudkan dalam berbagai bentuk. “Masalah sosial dan pendidikan bangsa dapat diatasai dengan kesalehan sosial. Ini harus ditumbuhkan, sehingga kita dapat melanjutkan pengkaderan anak bangsa,”katanya.

Pada kesempatan yang sama, pembicara kunci acara Halal bi Halal, Prof Dr Ir Bunasor Sanim MSc menjelaskan, kesalehan sosial dapat dikembangkan dengan mengembangkan potensi ekonomi umat.

Ekonomi Islam karena bersumber dari Allah, maka ia dapat menjadi alternatif untuk membangun ekonomi bangsa ini,”ujarnya.

Dijelaskannya, untuk menumbuhkan ekonomi umat Islam diperlukan etos kerja yang kuat. Setidaknya terdapat empat etos yang harus dimiliki umat Islam untuk meningkatkan kualitas ekonominya, yaitu, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas. (Sumber:beritauinonline)

Rektor: Kesalehan Sosial Harus Meningkat Pasca Ramadhan

Dalam pengantarnya pada acara Halal Bi Halal Civitas UIN Syarifn Hidayatullah Jakarta 27/08/2012 Prof. Dr. Komaruddin Hidayat menyampaikan Pasca Ramadhan kinerja seseorang harus lebih baik, karena secara spiritual ia telah ditempa oleh Allah dengan berbagai ibadah selama sebulan. Dengan spritualitas yang baik, maka seseorang kesalehan sosial yang baik pula. Continue reading

Rektor: Tanpa Jiwa Rabbani, Manusia Tersesat

Posted By| Myusuf
http://4.bp.blogspot.com/_WquM8_e8l7s/TE6Jqwkc1pI/AAAAAAAAA6o/KKmtDhvIYQQ/s1600/20090608100939.jpgMesjid Al-Jamiah UIN Jakarta. 06 Agustus 2012 Rektor UIN Jakarta  Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, puasa merupakan upaya Allah untuk melatih manusia menumbuhkembangkan jiwa rabbaninya. Jiwa rabbani hanya dimiliki manusia. Sementara jiwa nabati (vegetatif soul), jiwa hewani (animnal soul), dan jiwa insani (human soul) juga dimiliki makhluk lain, termasuk manusia. mengatakan dalam Kultum saat Kegiatan Tausiah dan Buka Puasa Bersama Civitas Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam Tausiah nya Rektor juga mengatakan Jiwa rabbani, jelas Guru Besar Filsafat Barat itu, sumbernya adalah roh Ilahi yang ditiupkan, bukan diciptakan, oleh Allah ke dalam tubuh manusia. Demikian pula halnya jiwa-jiwa yang lain. Continue reading