Author Archives: plt

PLP-UIN mengikuti Workshop Forum Implementasi K3L

PLP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Adi Riyadhi & Nunung Isnaini) menghadiri Workshop Forum Implementasi K3L di Perguruan Tinggi Se-Indonesia pada 24 – 26 Oktober 2016 di Balai Sidang Universitas Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh UPT atau departemen K3 di perguruan tinggi se-Indonesia dengab tujuan membentuk forum K3 PT se-Indonesia sehingga K3L dapat diimplementasikan di masing-masing institusi. Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah dari memberikan pengetahuan terkait K3L di berbagai bidang seperti implementasi K3 di kantin di lingkungan kampus, best practice HES Culture Development di Industri, implementasi Manajemen Lingkungan di Universitas. Tak kalah menarik sharing dari Kombes Polda Metro dengan materi Implementasi Road Safety in Campus, membangun budaya K3 Organisasi oleh VP OHSE PT KAI, APD dan best practice bekerja di ketinggian, pedoman hygiene dan sanitasi qurban, CSHEMS di kampus, K3 lab, penanggulan tumpahan bahan kimia, dan pengenalan Penjadwalan Patroli Keamanan dan Keselamatan Kampus oleh tim K3 ITS.

Para pakar sangat terbuka bagi seluruh institusi yang ingin bekerja sama dalam mengimplemntasikan K3L di institusinya. Kegiatan ini adalah pertemuan kedua dan Insha Allah forum ketiga akan diselenggarakan oleh UPT K3 UGM pada 2018. Pada hari ke 3 diadakan webinar yang diselenggarakan serentak di Jakarta, Surabaya, Palembang, Kalimantan. Materi webinar terkait dengan Chemical Safety dan Security

Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Kepala Laboratorium Terpadu Nur Aeni Hidayah, MMSI bersama Nunung Isnaini Dwi Ningsih,S.Si.,M.Kom sebagai perwakilan Tim Penilai Angka Kredit dari unsur PLP UIN syarif Hidayatullah Jakarta menghadiri undangan dari Kemenristek Dikti dalam kegiatan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang dilaksanakan pada 19 – 21 Oktober 2017 di Yogyakarta.

PLP PLT Mengikuti Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional

PLP PLT UIN Jakarta (Puji Astutui, Nunung Isnaini, dan Nur Amaliah Solihat) menjadi peserta dalam Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional yang bertemakan ” Peranan Jabatan Fungsional sebagai Aparatur Sipil Negara dalam Era Reformasi Birokrasi Melalui Peningkatan Kompetensi dan Sinergi untuk Negeri ” yang diselenggarakan di Graha Sanusi Hardjadinata UNPAD Bandung 12 -13 Oktober 2017. Video Kegiatan:

Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional

Konferensi ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta dari seluruh jabatan fungsional. Pada konferensi ini menghadirkan pembicara dari Asesor BKN, Staf Ahli Akademik Kemenristekdikti, Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi, Deputi SDM Menpan, Direktur Karier dan Kompetensi SDM kemenristekdikti, serta Pusat Pengembangan Pustakawan. Selain paparan dari para narasumber juga presentasi makalah dari masing-masing JF.

Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Laboratorium Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Se-Indonesia

PLT UIN Jakarta (02-10-2017) menerima kedatangan Peserta Diklat untuk Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Laboratorium Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Se-Indonesia. Para peserta Diklat disambut langsung oleh Kepala Pusat Laboratorium Terpadu Ibu Nur Aeni Hidayah, MMSI didampingi para kordinator bidang dan staf pusat laboratorium terpadu di Ruang Laboratorium Komputer Aplikasi lantai 6 (enam).

PLP-PLT Menjadi Narasumber Guru-guru madrasah

PLP-PLT (Nunung Dwi Isnaini, S.Si., M.Kom) Menjadi Narasumber pada kegiatan Diklat Teknis Subtantif Tugas Tambahan Kepala Laboratorium IPA (Madrasah dan MTs Se-Indonesia) di gedung Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Pada Kegiatan Diklat tersebut PLP-PLT membagikan Knowledge Sharing tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) kepada para peserta Diklat.

Peserta Diklat bersama narasumber Nunung Isnaini,S.Si.,M.Kom

PLP UIN menjadi Pemakalah pada International Conference of Science and Engineering 2017 Yogyakarta

International Conference of Science and Engineering 2017 diselenggarakan oleh UIN SUKA. Dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta, baik pendengar maupun pemakalah. PLPI UIN Jakarta Sdr. Nunung Isnaini, S.Si.,M.Kom ikut berpartisipasi sebagai pemakalah bertema ” The Technique Analysis of CO2 Troposphere using AIRS “

Workshop K3

PPLPI-PLT UIN Jakarta menyelenggarakan Workshop K3 dengan mengusung Tema Pembuatan Dokumen K3 pada Laboratorium dengan Narasumber: Ir. Anwar Hadi, MEM seorang Praktisi K3 Lingkungan dan Kehutanan dan sekaligus Penulis Buku yang bertemakan masalah lingkungan.

MATERI WORKHOP K3 (KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA) DI LABORATORIUMMATERI WORKHOP K3 (KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA) DI LABORATORIUM

  1. Pengertian dan tujuan K3
  2. Peralatan Yang Harus Ada di Laboratorium
  3. Peralatan Kerja Keamanan Laboratorium
  4. Rambu Prasyarat/ Wajib dilaksanakan dalam Laboratorium
  5. Penanganan Kecelakaan Kerja di Laboratorium
  6. Penanganan Limbah
  7. Pembuatan Prosedur Dalam Laboratorium
  8. Pembuatan Job Safety Analisys (JSA)

PLP ke Tiongkok

Foto Muhammad Yusuf.

Salah satu PLP Pusat Laboratorium Terpadu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Adi Riyadhi, M.Si) melakukan kerjasama dengan LPPOM MUI melakukan Audit Implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH) di Zhejiang DongCheng Deqing Tiongkok Selama 6 (enam) hari. Selama disana bertugas melakukan pemeriksaan bahan, produk dan fasilitas yang digunakan. selain itu juga melakukan audit dan memeriksa bukti implementasi sistem jaminan halal serta mengambil sampel/contoh bahan baku, produk untuk di analisis di laboratorium.

PLP PLT menjadi narasumber

Program Acara FATWA tema : Hukum Alkohol, siaran tanggal 19 Juni 2017 Narasumber Aminudin Yagub, MA.dan Adi Riyadhi.

https://www.facebook.com/TVRINasional/photos/a.439284559510551.1073741834.419151668190507/1133987580040242/?type=3&theater

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10155772696704415&set=p.10155772696704415&type=3&theater

UIN Jakarta Membuka Jalur Ujian PTKIN

Pasca penyelenggaraan Jalur SBMPTN berbasis CBT (Computer Base Tes) selang satu minggu UIN Jakarta kembali membuka jalur Ujian PTKIN juga berbasis CBT di dua lokasi ujian yaitu Gedung Kampus 1 ( Gedung Pusat Laboratorium Terpadu) dan Kampus II (Gedung Fakultas Kedokteran Laboratorium CBT FKIK UIN Jakarta). Menurut informasi dari KEMENAG .

Sebanyak 82.005 lulusan Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Atas dan yang sederajat mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Pelaksanaan ujian masuk PTKIN tahun ini digelar serentak, Selasa (23/05) pada 56 PTKIN di seluruh Indonesia.

Sebanyak 82.005 peserta tersebut terdiri dari 4.841 peserta IPA, 51.976 peserta IPS, dan 25.188 peserta IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Peningkatan signifikan terjadi pada peserta IPC mencapai 96% dari jumlah tahun lalu yang hanya diikuti 12.876 peserta. Sementara jumlah peserta IPS tahun ini mengalami penurunan sebesar 13,7 persen dari jumlah tahun lalu sebanyak 61.361 peserta.

Sekretaris Panitia SPAN-UM PTKIN 2017 Maftukhin mengatakan, secara keseluruhan, jumlah peserta tahun ini mengalami kenaikan sebesar 4.5% dibanding tahun lalu yang jumlahnya sebanyak 78.509 peserta.

Direktur Pendidikan Tinggi keagamaan Islam (PTKI) Nizar Ali menilai kenaikan jumlah pendaftar menunjukkan bahwa prodi di PTKIN saat ini memiliki daya tarik yang sama dengan prodi di PTN umum. Faktor lainnya menurt Nizar dipicu oleh penambahan jumlah IAIN yang beralih statusnya menjadi UIN yang diikuti juga dengan dibukanya prodi umum baru pada tahun ini.

Selain melaksanakan tes berbasis kertas, lanjut Nizar, tahun ini juga mulai dilaksanakan tes berbasis komputer. Untuk sementara kuota tes berbasis komputer sebanyak 1500 yang tersebar di 15 PTKIN. Ke depan tentu saja jumlahnya akan ditingkatkan seiring dengan peningkatan infrastruktur terutama server dan jaringannya.

PTKIN mempunyai pangsa pasar tersendiri di tengah kebutuhan profil lulusan pergruan tinggi yang professional dan religious kata Nizar usai memantau UM PTKIN di IAIN Solo.

Ketua Umum Panitia SPAN-UM PTKIN 2017, Abd Ala menegaskan bahwa kepercayaan masyarakat ini harus diimbangi dengan peningkatan sarana dan kualitas pengajaran di PTKIN. Dengan demikian ke depan PTKIN bisa bersaing dengan PTN lain dalam mencetak lulusannya.

Berdasarkan pilihan pertama peserta, 5 PTKIN peminat terbesar yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makasar, UIN Sunan Ampel Surabaya dan UIN Raden Intan Lampung.

https://www.kemenag.go.id/berita/503801/o56-ptkin-serentak-gelar-seleksi-ujian-masuk