Lebaran Yuuuk…

Makna Lebaran bagi umat islam telah menjadi semacam realitas sosial budaya dan keagamaan yang melahirkan daya tarik dan keunikan tersendiri. Dalam khazanah Islam, perayaan atau hari raya terbesar kaum muslimin sesungguhnya adalah Idul Adha atau Idul Kurban (10 Zulhijah) yang diistilahkan sebagai Id al-akbar (hari raya besar), bukan Idul Fitri (1 Syawal) yang diistilahkan sebagai Id al-ashghar (hari raya kecil). Akan tetapi di Indonesia khususnya, yang terjadi justru sebaliknya, Idul Fitri itulah yang dianggap sebagai hari raya terbesar umat Islam.

PLT FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada moment masih dibulan idul fitri 1439 H hari pertama masuk kerja saling bertandang saling maaf memaafkan antar pimpinan dan pegawai di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

SBMPTN – CBT 2018

PLT-FST UIN Syarif Jakarta menjadi salah satu bagian penerapan SBMPTN melalui ujian berbasis komputer (CBT-2018) dengan 7 local/ tempat penyelenggaraan SBMPTN berbasis CBT berlangsung selama 1 (satu) hari selasa 08/05/2018 dengan dibagi 3 sesi: Sesi pertama Peserta Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), Sesi kedua Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), dan sesi ketiga Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum).

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Lab Indonesia “Lebarannya Orang Lab”

Lab Indonesia dg jargon “Lebarannya Orang Lab” merupakan ajang conference dan exhibition yang digelar 2 tahun sekali. Bagi orang-orang laboratorium menjadi sebuah kesempatan untuk melihat perkembangan teknologi dari sisi peralatan laboratorium. Selain itu juga mengikuti seminar-seminar dari vendor alat terkait aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Rekan-rekan PLT tidak ingin ketinggalan kesempatan emas ini. Hadir meramaikan dan juga menimba ilmu dalam workshop 2 (dua) hari tentang perkembangan terbaru Sistem Manajemen Laboratorium yaitu ISO/IEC 17025 versi 2017 yang gratis diadakan oleh BSN bekerjasama dengan LabIndonesia dan Labmania.

Workshop dengan tema “Penerapan ISO/IEC 17025:2017 dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia” menghadirkan pembicara dari BSN yaitu Kepala Pusat Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi BSN, Donny Purnomo dengan materi yang dipaparkan Perkembanhan Akreditasi Lab sesuai ISO/IEC 17025:2017. Pembicara dari Direktorat Standarisasi Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan RI, Enny Tulak dengan paparan “Pemanfaatn Penerapan ISO/IEC 17015:2017 dalam Perdagangan Indonesia. Pemateri Edy Yusuf, Asisten Deputi Penguatan Pasar dalam Negeri dan Tertib Usaha, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI yang menjelaskan tentang Peranan ISO/IEC 17015:2017 dalam Perekonomian Indonesia. Serta sharing dari CQA Laboratory Corporate Quality Assurance PT. INDOFOOD CBP Sukses Makmur, Tbk, Cahyo Konstituanto tentang Peranan ISO/IEC 17025:2017 dalam meningkatkan Produktivitas Perusahaan.

Workshop hari kedua diisi dengan kupas tuntas semua klausul ISO/IEC 17025:2017.

Sukses acara ini dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia, baik dari unsur laboratorium dan umum. Khusus bagi Pranata Lab Pendidikan (PLP) kegaitan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi agar lebih kompeten, profesional, dan berstandar internasional.

Sumber: (Nunung/mydoc,yusuf/2018)

PLP Mengikuti Seminar K3L Laboratorium Program Studi Farmasi Gunadarma

Orang yang bekerja di laboratorium adalah orang-orang yang berharga karena tidak mudah tergantikan. Orang yang bekerja di laboratorium memiliki Knowledge dan Skill yang sulit tergantikan begitu saja dengan orang lain. Knowledge dan skill yg dimilikinya adalah aset organisasi dalam bentuk intangible asset (Budiawan, 2018). Seminar K3L Laboratorium Program Studi Farmasi Gunadarma. Dr. Budiawan Kepala Dept. K3 UI. memberikan pernyataan saat menjadi Narasumber di Seminar K3 Laboratorium di Farmasi Gunadarma (22/3/2018). PLP UIN Jakarta menjadi peserta pada seminar K3 Laboratorium yang diselenggarakan di Farmasi Gunadarma diwakili oleh Nunung Isnaeni, dan Puji Astuti.

Ujian Tulis(online) PLPG Guru-guru Madrasah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan PLPG Kemenag bagi guru RA dan Madrasah untuk tahap 1 di Gedung Pusat Laboratorium Terpadu UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta. Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap 1 di UIN Jakarta akan diikuti oleh 124 guru dari bidang studi Guru Kelas RA dan Guru Kelas MI.
Sehubungan dengan penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap 1 ini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta telah menerbitkan surat undangan bernomor Un.01/F1/OT.01.7/2000/2017. Surat ini ditujukan kepada semua Peserta PLPG Tahap I Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Surat undangan ini juga dilengkapi dengan lampiran berisikan teknis pelaksanaan PLPG, ketentuan foto peserta, tata tertib, dan daftar peserta PLPG Madrasah Tahap I.

PLPG Tahap 1 UIN Jakarta 2017
1. Jadwal dan Tempat Pelaksanaan PLPG Tahap I

PLPG Tahap 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017 bertempat di Hotel Bukit Indah Puncak pada tanggal 15 s.d 25 November 2017.

Rincian kegiatannya meliputi:

15 – 24 November 2017: Belajar di kelas (Hotel Bukit Indah Puncak)
23 – 24 November 2017: Peer Teaching (Hotel Bukit Indah Puncak)
25 November 2017: Ujian Kompetensi Akhir Nasional atau Ujian Tulis Nasional (Kampus UIN Jakarta)

14 Desember 2017 Ujian Kompetensi Akhir Nasional atau Ujian Tulis Nasional (PAI)

2. Daftar Peserta PLPG Kemenag Tahap 1 UIN Jakarta

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Kemenag Tahap 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diikuti oleh 124 orang guru Madrasah Ibtidaiyah dan Raudlatul Athfal.

Rincian pesertanya sebagai berikut:
Bidang studi Guru Kelas RA terdiri atas 61 orang
Bidang studi Guru Kelas MI terdiri atas 63 orang

PLP-UIN mengikuti Workshop Forum Implementasi K3L

PLP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Adi Riyadhi & Nunung Isnaini) menghadiri Workshop Forum Implementasi K3L di Perguruan Tinggi Se-Indonesia pada 24 – 26 Oktober 2016 di Balai Sidang Universitas Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh UPT atau departemen K3 di perguruan tinggi se-Indonesia dengab tujuan membentuk forum K3 PT se-Indonesia sehingga K3L dapat diimplementasikan di masing-masing institusi. Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah dari memberikan pengetahuan terkait K3L di berbagai bidang seperti implementasi K3 di kantin di lingkungan kampus, best practice HES Culture Development di Industri, implementasi Manajemen Lingkungan di Universitas. Tak kalah menarik sharing dari Kombes Polda Metro dengan materi Implementasi Road Safety in Campus, membangun budaya K3 Organisasi oleh VP OHSE PT KAI, APD dan best practice bekerja di ketinggian, pedoman hygiene dan sanitasi qurban, CSHEMS di kampus, K3 lab, penanggulan tumpahan bahan kimia, dan pengenalan Penjadwalan Patroli Keamanan dan Keselamatan Kampus oleh tim K3 ITS.

Para pakar sangat terbuka bagi seluruh institusi yang ingin bekerja sama dalam mengimplemntasikan K3L di institusinya. Kegiatan ini adalah pertemuan kedua dan Insha Allah forum ketiga akan diselenggarakan oleh UPT K3 UGM pada 2018. Pada hari ke 3 diadakan webinar yang diselenggarakan serentak di Jakarta, Surabaya, Palembang, Kalimantan. Materi webinar terkait dengan Chemical Safety dan Security

Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Kepala Laboratorium Terpadu Nur Aeni Hidayah, MMSI bersama Nunung Isnaini Dwi Ningsih,S.Si.,M.Kom sebagai perwakilan Tim Penilai Angka Kredit dari unsur PLP UIN syarif Hidayatullah Jakarta menghadiri undangan dari Kemenristek Dikti dalam kegiatan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang dilaksanakan pada 19 – 21 Oktober 2017 di Yogyakarta.

PLP PLT Mengikuti Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional

PLP PLT UIN Jakarta (Puji Astutui, Nunung Isnaini, dan Nur Amaliah Solihat) menjadi peserta dalam Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional yang bertemakan ” Peranan Jabatan Fungsional sebagai Aparatur Sipil Negara dalam Era Reformasi Birokrasi Melalui Peningkatan Kompetensi dan Sinergi untuk Negeri ” yang diselenggarakan di Graha Sanusi Hardjadinata UNPAD Bandung 12 -13 Oktober 2017. Video Kegiatan:

Konferensi dan Seminar Nasional Jabatan Fungsional

Konferensi ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta dari seluruh jabatan fungsional. Pada konferensi ini menghadirkan pembicara dari Asesor BKN, Staf Ahli Akademik Kemenristekdikti, Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi, Deputi SDM Menpan, Direktur Karier dan Kompetensi SDM kemenristekdikti, serta Pusat Pengembangan Pustakawan. Selain paparan dari para narasumber juga presentasi makalah dari masing-masing JF.

Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Laboratorium Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Se-Indonesia

PLT UIN Jakarta (02-10-2017) menerima kedatangan Peserta Diklat untuk Pembekalan Penugasan Tambahan Calon Kepala Laboratorium Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Se-Indonesia. Para peserta Diklat disambut langsung oleh Kepala Pusat Laboratorium Terpadu Ibu Nur Aeni Hidayah, MMSI didampingi para kordinator bidang dan staf pusat laboratorium terpadu di Ruang Laboratorium Komputer Aplikasi lantai 6 (enam).

PLP-PLT Menjadi Narasumber Guru-guru madrasah

PLP-PLT (Nunung Dwi Isnaini, S.Si., M.Kom) Menjadi Narasumber pada kegiatan Diklat Teknis Subtantif Tugas Tambahan Kepala Laboratorium IPA (Madrasah dan MTs Se-Indonesia) di gedung Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Pada Kegiatan Diklat tersebut PLP-PLT membagikan Knowledge Sharing tentang K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) kepada para peserta Diklat.

Peserta Diklat bersama narasumber Nunung Isnaini,S.Si.,M.Kom